H

21:00:57WIB

Rabu, 18 Juni 2025

Glitter Words
SELAMAT DATANG DI BLOG SUSANTY

Kamis, 29 Oktober 2015

ETIKA KOMUNIKASI



ETIKA KOMUNIKASI


SOPAN SANTUN BERTELEPON 
·         Intonasi dan nada
·         Kecepatan
·         Pengucapan

HAL-HAL PENTING DALAM BERTELEPON
·         Angkat telpon segera, paling lama 3 kali berdering.
·         Sebut nama instansi tempat kerja, diikuti nama, “Selamat siang, PT XYZ, dengan Ira”. 
·         Tanya dan catat nama penelpon agar kita tidak lupa. Minta mengulang dan eja dengan alfabet, untuk nama asing, agar tidak salah. 
·         Selama melakukan pembicaraan, panggil namanya dengan sopan.
·         Jangan lupa catat pesan penting yang harus disampaikan pada atasan. 
·         Tanyakan segala sesuatu kepada penelpon dengan jelas.
·         Jangan pernah menggunakan kata-kata kasar/slang. 
·         Jangan menyela pembicaraan penelpon. 
·         Gunakan kata-kata yang menyentuh perasaan tamu (magic word): “maaf”, “mohon”, “terima kasih”.

LANGKAH-LANGKAH MENERIMA TELEPON
·         Perkenalkan diri dengan mengucapkan salam dan identitas. 
·         Terima dan periksa informasi dengan mengulangi kembali.
·         Tanyakan identitas penelepon (nama, alamat, nomor telepon). 
·         Bila penelpon ingin bicara dengan pimpinan, tanyakan maksudnya lebih dahulu. Sekretaris terkadang harus menyaring telepon masuk, untuk mengurangi kesibukan pimpinan dalam menerima telepon. 
·         Bila pimpinan tidak di tempat, ucapkan kata “maaf” sambil minta identitas & nomor telepon, agar pimpinan bisa menghubungi kembali. 
·         Catat dan ucapkan ulang setiap pesan yang kita terima dengan teliti, untuk menghindari kesalahan. Untuk itu penerima telepon harus mengerti isi pesan. 
·         Bila saluran sedang sibuk atau  berbicara (busy line), beritahukan bahwa saluran sedang sibuk. Jangan biarkan penelepon menunggu lebih dari 30 detik. Tawarkan apakah penelepon akan menunggu atau menelepon kembali. 
·         Tangani telepon bila bisa diselesaikan sendiri. Atau tawarkan orang lain untuk menangani, selain atasan anda. 
·         Ucapkan terima kasih dan selamat tinggal. 

MENTRASFER SAMBUNGAN MASUK
·         Beri tahu penelpon agar menunggu proses penyambungan. 
·         Tanyakan identitas dan keperluan. 
·         Perdengarkan musik lembut dengan menekan tombol hold. 
·         Mintakan ijin pada orang yang dituju apakah telepon dapat diteruskan, sambil memberitahu masalah yang akan dibicarakan, dari mana, dan dengan siapa berbicara. 
·         Bila orang yang dituju bersedia, persilakan penelepon segera bicara. 
·         Bila saluran sedang on line, segera informasikan pada penelpon. Tawarkan bantuan, apakah akan menunggu, menghubungi lagi, atau menitip pesan.

BILA PIMPINAN TIDAK ADA DI TEMPAT
·         Hati-hati dan bijak dalam memberi keterangan. Jangan berikan lokasi, kegiatan, dan keadaan pimpinan saat itu, kecuali mengharuskan. 
·         Berusaha dapatkan keterangan selengkapnya dari penelepon.
·          Catat segala pesan dari penelepon dengan teliti. 
·         Segera berikan catatan telepon masuk yang sudah diketik rapi, setelah pimpinan kembali.

YANG BENAR VS YANG SALAH 
1. Yang benar : 
·         Jawab telepon dalam hitungan 3 kali deringan.
·         Ucapkan “Selamat… Bagian… dengan…, ada yang bisa saya bantu?” (saat mengangkat)
·         Konsentrasi saat mendengarkan. 
·         Ucapkan “mohon tunggu sebentar” bila akan menahan sambungan telepon. 
·         Jika penelepon meninggalkan pesan, jangan lupa mengulang agar terhindar dari kekeliruan. 
·         Gunakan kata-kata: “maaf”, “mohon”, “terima kasih”. 
2. Yang Salah :
·         Mengucapkan “halo”, “ya”, dan kata-kata yang tidak formal.
·          Membiarkan penelepon menunggu terlalu lama.
·          Tidak membawa catatan saat menerima berita    atau pesan. 
·         Memindah-mindahkan nomor telepon saat orang yg dituju tidak ada di tempat. 
·         Mengucapkan “kami sedang makan”, “tidak ada satu orang pun di sini”, “tolong telpon kembali”. 
·         Makan atau minum saat menerima telepon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Y
T
N
A
S
U
S
G
O
L
B